Tips Mengobati Suara Serak Ayam Kicau

Sabung Ayam Online – Sekarang ini, banyak masyarakat yang mulai tertarik memelihara ayam hias. Selain untuk melampiaskan hobi dan melepas stress, pemeliharaan ayam hias pun tidak begitu sulit. Ada beragam jenis ayam hias yang umumnya koleksi, salah satunya adalah ayam hias kicauan. Ayam kicauan banyak dipelihara karena suaranya yang unik adan merdu. Pada kali ini kita akan membahas tips mengobati suara serak ayam kicau.

Cara Mengobati Suara Serak Ayam Kicau

Tips Mengobati Suara Serak Ayam Kicau

Semua pemilik ayam kicauan pasti akan berusaha merawat ayam mereka agar ayam tidak terkena penyakit seperti serak. Suara yang serak dapat mempengaruhi kicauan ayam. Hal ini tentu saja harus dicegah dan diatasi dengan baik agar kondisi ayam tidak bertambah parah. Akan tetapi sebelum mengetahui tips mengobati suara serak ayam kicau, kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab Suara Serak Ayam Kicau

Penyebab suara serak pada ayam adalah adanya lendir di tenggorokan atau peradangan yang menghalangi keluarnya suara. Peradangan ini dapat dikarenakan banyak faktor seperti salah makan, kualitas pakan buruk. ayam kelelahan dan ayam dipaksa secara berlebihan untuk mengeluarkan suara.

Untuk menghindari hal ini, kita dapat menghentikan pemberian pakan ayam yang kualitasnya buruk, mengganti jenis pakan yang lebih berkualitas, dan mengistirahatkan ayam dengan cukup agar ayam tidak berkicau hingga kondisi serak sudah membaik.

Tips Mengatasi Suara Serak Ayam Kicau

1. Pemberian Larutan Penyegar

Penyakit radang pada ayam dapat diobati dengan memberikan larutan penyegar untuk ayam. Larutan penyegar  bisa kita dapatkan di apotek terdekat. Berikan air larutan penyegar sebagai pengganti air minum ayam. Sebaiknya kita memilih yang tidak ada rasa agar ayam tetap mau minum.

2. Mengeluarkan Lendir 

Selanjutnya adalah dengan cara mengeluarkan lendir pada tenggorokan ayam. Ini akan membantu mempercepat suara ayam kembali. Mengeluarkan lendir dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu :

– Gurah

Ini merupakan cara tradisional yang biasanya digunakan oleh para botoh untuk menyingkirkan lendir dari tenggorokan ayam dan mata. Ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan daun lenteng agung untuk memudahkan prosesnya.

– Ramuan Tradisional

Berikutnya kita juga dapat menggunakan ramuan tradisonal untuk mengeluarkan lendir dari tenggorokan ayam. Ramuan tradisional yang sering digunakan oleh masyarakat adalah air rebusan daun sirih, ramuan jahe lainnya.

– Pemberian Pakan Bernutrisi atau Vitamin

Penyakit serak bisa sembuh ketika daya tahan tubuh ayam juga baik. Pemberian vitamin atau pakan yang bernutrisi tinggi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ayam sehingga mengobati serak ayam secara alami.

Demikian pembahasan mengenai tips mengobati suara serak ayam kicau. Semoga bermanfaat.

Bagi para botoh yang gemar bermain sabung ayam online, kalian dapat mengunjungi situs kami di 12onlinegaming untuk bermain S128 dan SV388.

ayam-promo-maret-2019

 

Baca juga : Tips Mengatasi Ayam Kanibalisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *