Penyebab Ayam Aduan Susah Gemuk

Ayam aduan memang bagus jika ramping, dan tidak gemuk. Namun terlalu gemuk dan terlalu kurus pun juga tidak bagus. Ayam dengan bobot tubuh besar, dan berotot akan memberikan pukulan yang bagus. Jika kurus, maka akan kekurangan tenaga saat berlaga. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab ayam aduan susah gemuk, berikut penjelasannya.

Penyebab Ayam Aduan Susah Gemuk

Mengetahui Penyebab Ayam Aduan Susah Gemuk

Beberapa faktor penyebab ayam aduan menjadi susah gemuk, antara lain:

Cacingan

Faktor penyebab ayam kurus bisa disebabkan karena ayam cacingan. Parasit yang menyerang usus ayam membuat ayam sulit makan. Sehingga terlihat pada badan ayam yang kurus, bulu menjadi kusam dan pertumbuhan ayam menjadi lambat. Cacingan menjadi penyebab mengapa ayam aduan susah gemuk dan tetap kurus. Cacingan dapat diatasi dengan memberikan ramuan herbal dari buah pinang.

Kekurangan Gizi

Pakan yang tidak bergizi seimbang yang dikonsumsi ayam aduan, tidak bisa memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi ayam aduan. Selain memberikan pakan utama seperti jagung, bekatul dll, berikan juga pakan lain seperti konsentrat, sayur-sayuran dan buah-buahan. Agar kebutuhan gizi dan nutrisi dapat terpenuhi. Dan juga bisa diberikan berbagai suplemen dan jamu herbal.

Sedang Dalam Masa Kawin

Saat ayam jantan dalam masa kawin, berpengaruh terhadap postur tubuhnya. Perkawinan pada ayam aduan yang masih muda akan berdampak buruk, karena ayam yang masih muda masih dalam proses pertumbuhan.

Namun ayam aduan dewasa pun akan kehilangan bobot tubuhnya, saat dalam masa kawin. Sebab nafsu makan mereka akan hilang, dan cenderung memberikan makan yang mereka temukan ke ayam betina, dan membiarkan ayam betina memakannya.

Ayam Aduan Terlalu Aktif

Ayam aduan yang terlalu aktif, akan bergerak sesering mungkin. Ini salah satu penyebab ayam aduan susah gemuk, sebabpembakaran lemak pada ayam yang aktif bergerak, jauh lebih banyak daripada ayam yang diam lebih banyak.

Untuk membuat ayam aduan menjadi gemuk, masukkan ayam ke dalam kandang atau box, dengan memberikan pakan yang baik secara maksimal, hingga tubuhnya memiliki bobot. Namun hentikan pemberian pakan secara berlebihan, sebab ayam terlalu gemuk akan memiliki pergerakan lamban dan tidak lincah saat berlaga diarena.

Struktur Tulangan

Struktur tulangan memiliki pengaruh terhadap ayam susah gemuk dan masih dipertanyakan untuk bobotoh. Sebagian orang menganggap bahwa ayam yang memiliki tulangan kecil memang tidak bisa gemuk. Cara melihat dan membedakan tulangan ayam yaitu dengan cara melihat ukuran kaki pada ayam, jika berukuran kecil maka disebut struktur tulangan kecil dan sebaliknya.

Faktor Keturunan Dari Pacek Dan Babon

Penyebab ayam aduan kurus bisa dikarenakan bawaan lahir yang dirurunkan oleh ayam pacek dan babon. Indukan ayam sangat mempengaruhi fisik, teknik pukulan, kecerdasan dan lainnya pada keturunan ayam.

Jika indukan ayam pacek mau pun babon kurus, maka akan menghasilkan turunan anakan ayam yang kurus juga.

Setelah proses kawin selesai dan sudah kembali sehat dari penyakit, sebaiknya berikan pakan yang baik agar ayam aduan memiliki bobot tubuh yang seimbang. Tentunya agar bisa kembali berlaga di arena dengan kondisi prima dan berstamina.

Itulah penyebab ayam aduan susah gemuk yang telah anda ketahui. Bagi anda pecinta sabung ayam atau ayam aduan, tentu anda tidak boleh melewatkan pertandingan sabung ayam yang tersedia di 12onlinegaming agen sabung ayam online terpercaya yang kami rekomendasikan. Tersedia arena dari berbagai negara, seperti Thailand, Filipina, Mexico dan masih banyak arena lainnya. Daftar segera dan dapatkan promo bonus 100% kemenangan 7x beruntun.

Baca Juga:

2 Comments:

  1. Pingback: Memelihara Ayam Aduan Remaja - TIPS SABUNG AYAM

  2. Pingback: Cara Mengatasi Cacing Pita Pada Ayam - Agen Sabung Ayam Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *