Melatih Ayam Aduan Agar Tidak Main Bawah

Gaya bertarung ayam aduan sangat bervariasi, namun umumnya memiliki gaya bertarung atas dan bawah. Perhatikan cara bertarung ayam aduan selama 10 menit untuk mengetahui teknik apa yang dimiliki ayam aduan tersebut. Ayam yang memiliki gaya tarung dibawah terkesan lemah, sehingga kurang diminati para pecinta sabung ayam. Untuk itu Kami bagikan kepada anda cara melatih ayam aduan agar tidak main bawah.

Melatih Ayam Aduan Agar Tidak Main Bawah

Cara Melatih Ayam Aduan Agar Tidak Main Bawah

Ada berbagai cara untuk melatih ayam aduan agar tidak main dibawah. Anda bisa melakukannya sebagai pelatihan dan mengubah gaya tarung ayam dengan cara berikut.

Memposisikan Tempat Pakan

Posisikan tempat pakan tidak lebih tinggi dari tembolok. Ini bertujuan untuk melatih otot tengkuk ayam aduan. Gunakan tempat pakan yang bisa bergerak ke kanan dan kekiri, dengan ketinggian 1,5cm dari dasar. Agar posisi kaki ayam pun ikut menyilang ke kiri dan ke kanan selagi makan.

Bisa juga diberikan tempat pakan yang mengitari tubuh ayam. Agar ayam menggerakan kepalanya dan juga kakinya bergerak maju mundur. Lakukan selama 15 menit saat ayam sedang lapar. Jangan terlalu lama, sebab akan mengganggu napsu makan ayam.

Latihan Leher

Berikan latihan leher dengan cara memutar leher ayam dengan tangan secara lembut ke arah kiri dan kanan sebanyak 30 kali, dengan 1 kali putar 1 detik. Lakukan setiap pagi. Pastikan melakukannya dengan lembut agar ayam tidak merasa kesakitan. Latihan leher ini bertujuan untuk membentuk otot menjadi lebih fleksibel. Dan juga menghindari ayam aduaan main dibawah.

Latihan Menggerakkan Badan

Berikan latihan menggerakkan badan dengan memberinya senam setiap pagi. Caranya dengan memutar badan ayam ke kiri dan ke kanan sebanyak 30 kali. Lalu selingi tangan ke salah satu celah sayap, kemudian gerakkan ke kanan dan ke kiri.

Ayam aduan akan menggunakan berbagai gerakan ke segala arah untuk mencari celah memukul lawan. Apabila ayam terbiasa bermain dibawah, maka gerakan ayam terlihat kaku dan tidak bergerak secara baik. Untuk itu berikan latihan menggerakkan tubuh ayam. Ini bisa juga untuk mengobati ayam sakit.

Memberikan Senam Sayap Atau Janturan

Ini merupakan teknik untuk melatih otot sayap agar bisa bergerak lebih fleksibel. Cara melakukan senam sayap atau janturan yaitu mengangkat ayam setinggi mungkin dengan kedua tangan anda. Pegang dada ayam dari arah belakang dengan tangan kanan anda, dan pegang pangkal ekor dengan tangan kiri. 

Kemudian lepaskan tangan kanan ke belakang secara perlahan, diikuti dengan tangan kiri turun kebawah. Ini akan membuat ayam mengepak-kepakkan sayapnya, sehingga otot dan persendiannya kuat saat bermain diatas.

Latihan Lain

Banyak sekali Latihan-latihan yang harus diberikan ke ayam aduan. Seperti:

  • Latihan lari
  • Latihan berenang
  • Latihan diabar
  • Latihan Loncat
  • Latihan napas
  • Latihan di gelanggang
  • Menguji coba mental
  • Menyatukan dengan ayam betina
  • Menyatukan dengan ayam lancuran, dan lain sebagainya.

Berikan latihan-latihan tersebut secara rutin, untuk melatih ayam aduan agar tidak main bawah. Jika dilakukan sesering mungkin, ayam aduan akan terbiasa bermain diatas. Berikan pakan tambahan seperti hewan air, untuk menambah stamina ayam aduan, agar menjadi juara di arena aduan sabung ayam.

Baca Juga: Manfaat Hewan Air Untuk Ayam Aduan

Bagi anda pecinta sabung ayam atau ayam aduan, tentu anda tidak boleh melewatkan pertandingan sabung ayam yang tersedia di 12onlinegaming agen sabung ayam online terpercaya yang kami rekomendasikan. Tersedia arena dari berbagai negara, seperti Thailand, Filipina, Mexico dan masih banyak arena lainnya. Daftar segra dan dapatkan promo bonus 100% kemenangan 7x beruntun.

Tags:

One Comment:

  1. Pingback: Tahapan Merawat Anak Ayam Aduan Supaya Tangguh - Lates News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *